Installasi Windows di Linux

Posted by .: Blog v1rus :.


Mungkin ada yang belumm tahu bagaimana cara install windows di linux, yang udah tahu lanjut baca yang lain aja ^_^.untuk menginstall windows memang ada 2 cara (menurut saya) yaitu dengan cara dualbot
dan lewat virtulbox (atau software yang lainnya).untuk cara yang pertama yaitu dualboot kita terlebih dahulu harus membuat partisi tersendiri untuk windows, kita harus mengembalikan grup ubuntu setelah windows terinstall. kenapa ? yah karena windows tidak mau kalau dia ada di boot yang kedua. sedangkan untuk cara yang kedua tidak beda dengan cara yang pertama hanya saja cara yang kedua pada tahap pemartisinya setelah softare bantuannya kita instla terlebih dahulu.
berikut langkah-langkah installasi windows menggunakan virtualbox, memang sengaja saya tidak membuat tutorial untuk cara ynag pertama, karena saya belum mempratekkannya. dan disini saya hanya akan mengshare segala pengalaman saya yang pernah saya lakukan.

1.kita membutuhkan software bantuan yaitu virtualbox
untuk ubuntu bisa cari di http://apt-web.dahsy.at atau di http://repo.ugm.ac.id/apt-web, sedangkan yang lain bisa cari sesuai dengan repo yang digunakan .....:-D
atau download di sini http://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads
2.Install software nya tadi
jangan hanya di download. untuk yang berbasis debian .deb bisa di tutorial sebelumnya

3.jika sudah terinstall buka programnya di menu apllication - sytem tools
(di komputer saya)
tampilan pertama dari virtualbox



4.Klik pada tab menu "Baru"
akan muncul kotak dialog



5.next
6.Next
7.Next
8.next
9.next
10.pada langkah ini kita menentukan disk yang akn digunakan untuk menginstall windows
saya asumsikan menggukan kapasitas 5-30GB.(sya menggunakan _+5GB)


11.Next
12.create

Untuk langkah ini kita selesai....stop dulu jangan dijalankan dulu soalnya tidak akan bisa, kita perlu untuk meginstall windows nya kedalam linux
berikut langkahnya:
1.Masukkan cd installer nya di cd rom
saya menggunakan cd installer windows xp rilis 2011
2.setelah kita selesai membuat daftar baru di virtual box kita jalankan sekarang
klik mulai/jalankan
3.maka akn muncul kotak dialog
pilih Next



4.Di langkah yang ke empat ini ada konfirmasi untuk installasi windows nya, saya menggunakan cd
Pilih Next
Pilih Mulai -> Proses installasi mulai berjalan



6.Untuk langakh yang ke -6 kita akan membuat partisi dulu,
tekan tombol "C" kemudian pilih "Enter" kemudaian "Enter" (tanpa tanda petik)



7.Pilih "Format the partition using the NTFS file system (quick)"
paling atas sendiri


8.Tunggu hingga proses installasi selesai
ini tampilan windows saya

Related Post



Posting Komentar

:.orang bijak adalah orang yang berkomentar dengan sopan .: