Masuk sebagai root

Posted by .: Blog v1rus :.

Mungkin temen-temen sudah tahu bagaimana masuk ke system sebagai root ? yah bener lewat terminal. Mungkin ini mudah bagi kalian tetapi bagi yang baru bermigrasi dari windy [windows] ke linux[ubuntu] tentu saja bingung, Apalagi yang baru kenal sama komputer :-). Masuk sebagi root itu maksudnya masuk sebagai Adsministrator yang dapat mengedit file-file dalam system yang tidak dapt di jalankan oleh user biasa.cara masuk sebagi root ada dua cara yaitu lewat terminal dan lewat Nautilus.
1.Masuk lewat terminal
tampilan awal terminal itu biasanya seperti ini

v1rus@komputex:~$

maksudnya "v1rus" itu adalah nama/username."komputex" adalah nama komputernya atau host. lambang "$" mauk sebagi user biasa.
biasanya ketika terminal di buka sudah masuk ke folder home.
untuk masuk sebagi root ketikkan perintah

$ sudo su

maka kita akan disuruh untuk memasukkan password, masukkan sesuai password kalian.dan jika berhasil maka tulisan di terminal akan berrubah menjadi :

root@komputex:/home/v1rus#

Selamat kita sudah masuk sebagai root. untuk screenshot nya bisa dilihat
2.Lewat Nautilus Untuk langkah yang satu ini tidak kalah mudah nya sama langkah yang pertama tadi, kita hanya menekon tombol kombinasi keyboard dan memasukkan password selesai.
Tekan tombol kombinasi keyboard "ALT+F2" Maka akan muncul kotak dialog "Run Application", masukkan perintah gksu nautilus". Setelah itu kita akan di minta untuk memasukkan password, masukkan password. selesai kita sudah masuk sebai root

Related Post



Posting Komentar

:.orang bijak adalah orang yang berkomentar dengan sopan .: